• Home
  • /
  • JALIN KERJASAMA INTERNASIONAL, PRODI PETERNAKAN UMBY SELENGGARAKAN JOINT COMMUNITY SERVICE BEKERJASAMA DENGAN UPSI MALAYSIA DAN BAPPEDA KAB. MAGELANG JAWA TENGAH

JALIN KERJASAMA INTERNASIONAL, PRODI PETERNAKAN UMBY SELENGGARAKAN JOINT COMMUNITY SERVICE BEKERJASAMA DENGAN UPSI MALAYSIA DAN BAPPEDA KAB. MAGELANG JAWA TENGAH

Prodi Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran serta penelitian melalui berbagai upaya diantaranya meningkatkan kualitas melalui akreditasi program studi yang saat ini sudah mengantongi akreditasi A BAN-PT, peningkatan kualitas lulusan dengan sertifikasi profesi, kerjasama baik nasional maupun internasional dan lain-lain.

Joint community service (pengabdian kepada masyarakat) kerjasama prodi Peternakan UMBY dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia dan BAPPEDA Kab. Magelang Provinsi  Jawa Tengah

Pada Hari kamis tanggal 17 Juni 2021 telah dilaksanakan acara Joint community service (pengabdian kepada masyarakat) bekerjasama dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia dan BAPPEDA Kab. Magelang Provinsi  Jawa Tengah. Pada acara tersebut dilaksanakan di Dayugo, Banyusidi, Pakis, Magelang dan di Malaysia. Acara tersebut mengusung tema “Peternakan ayam kampung sebagai sumber pendapatan untuk belia Malaysia dan Indonesia” dengan menghadirkan narasumber dari UPSI dan UMBY.

 Acara ini dibagi menjadi empat sesi yakni sesi pertama penyampaian materi oleh Dr. Fazhana Ismail dengan judul ‘’Pengenalan ternakan ayam kampung dan teknik permainan beradas (AI)”. Sesi ke dua yaitu penyampaian materi oleh Ir. Setyo Utomo, MP., dan Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt., IPP., dengan judul ‘’ Babonisasi dan pemeliharaan ayam kampung secara semi intensif”, pada sesi ke tiga yakni penyampaian materi dengan judul “Pemanfaatan limbah rumah tangga dan pertanian untuk bahan pakan ayam serta pengenalan tanaman herbal untuk obat-obatan ternak ayam kampung” oleh Ir. Nur Rasminati, MP., dan drh. Anastasia Mamilisti S., MP.,. Sesi terakhir yaitu penyampaian materi oleh PM Dr. Norlina Mat Norwani dengan judul “Kaedah penyimpanan recod untung rugi jualan ayam kampung”. 

Joint community service ini diikuti oleh community belia dari Malaysia dan kelompok wanita tani (KWT) dusun Dayugo, Desa Banyusidi Kec. Pakis Kab. Magelang, acara dimulai pukul 09.00-12.00 WIB (waktu Jakarta) dan 10.00-13.00 (waktu Kuala Lumpur Malaysia). Pada Kesempatan tersebut turut hadir Kepala Bappeda yang di wakili oleh bapak Wawan Riyadi yang sekaligus membuka acara secara resmi acara joint community service UMBY-UPSI.

Pada kesempatan tersebut Wawan mengatakan “pihak Bappeda Kab. Magelang sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini, selain membantu pemerintah kab. Magelang dalam program pemberdayaan masyarakat bidang pertanian secara luas, hal ini juga merupakan kali pertama Bappeda Magelang menjalin kegiatan bekerjasama dengan pihak luar negeri dalam hal ini bekerjasama dengan UPSI Malaysia yang di prakarsai oleh UMBY sebagai mitra Bappeda Magelang, dengan adanya acara ini maka KWT di Dayugo, Banyusidi dapat meningkatkan dan menambah pengetahuan baru dalam teknik budidaya, program babonisasi dan analisis usaha ternak ayam kampung, mudah-mudahan acara yang sangat bermanfaat ini dapat dilanjutkan secara terus menurus di daerah lainya khususnya di Kab. Magelang”. 

Pada kesempatan yang sama Ir. Setyo Utomo, MP. dalam sambutannya mengatakan bahwa “pada kegiatan pengabdian ini akan diberikan penyuluhan serta pendampingan bahkan akan  diberikan bantuan berupa hibah indukan ayam kampung untuk dibudidayakan dan dikembangkan oleh kelompok wanita tani. Selain bisa dijadikan usaha sampingan dengan hibah tersebut nantinya diharapkan mampu menambah produksi pangan keluarga untuk sumber gizi protein hewani (telur dan daging) dan sebagai tambahan pendapatan”.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Dr. Fazhana Ismail selaku ketua tim joint community service dari UPSI Malaysia mengatakan “ Alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat bersilaturahmi dalam acara joint community service sehingga kita dapat bertukar ilmu atau sharing ilmu dari pakar-pakar yang ada di UMBY (Indonesia).dan di UPSI (Malaysia). Mudah-mudahan acara ini dapat bermanfaat bagi ke dua Negara dan dapat berlanjut untuk kerjasama dalam kegiatan-kegiatan lainnya”.

Leave Your Comment Here