• Home
  • /
  • Dosen Peternakan UMBY Raih Gelar Insinyur Profesional dan Menjadi Lulusan Terbaik Universitas Gadjah Mada Pada Wisuda dan Pelantikan Insinyur Periode II tahun 2020

Dosen Peternakan UMBY Raih Gelar Insinyur Profesional dan Menjadi Lulusan Terbaik Universitas Gadjah Mada Pada Wisuda dan Pelantikan Insinyur Periode II tahun 2020

(Sambutan Dekan Fakultas Peternakan UGM dan Wisudawan dengan IPK Tertinggi )

Pada hari selasa 19 Januari 2021, Universitas Gadjah Mada melaksanakan wisuda dan pelantikan Program profesi Insinyur Fakultas Peternakan dan Insinyur Fakultas Tekhnik Universitas Gadjah Mada. Pada acara tersebut yang termasuk dalam daftar insinyur baru yang dilantik adalah Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, serta Menteri Perikanan dan Pertanian Republik Demokratik Timor Leste, Pedro Dos Reis. selain itu terdapat pula beberapa pejabat lain seperti sekjen PDIP, Direktur perusahaan, Pegawai Dinas, Dosen dan lain-lain.

Pada acara tersebut terdapat salah satu Dosen Peternakan UMBY yang menjadi wisudawan dan mengikuti pelantikan Insinyur, yaitu Ir. Ajat Sudrajat, SPt., M.Pt., IPP. yang sekaligus menjadi wisudawan termuda (25 tahun 7 bulan 19 hari) dan mendapatkan indeks prestasi komulatif (IPK) tertinggi 3,98 bersama dengan beberapa wisudawan lainnya. Ajat berharap dengan mendapatkan ilmu, pengalaman dan amanah gelar insinyur profesional ini dapat bermanfaat baik bagi keluarga, institusi UMBY, bangsa dan negara serta dapat memperkuat Prodi Peternakan dalam meningkatkan kompetensi lulusan yang berdaya saing global. Ajat Sudrajat sendiri dalam tugas akhirnya meneliti tentang “Produktivitas Kambing PE dan K3L (Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan) di Taman Ternak Kaligesing, Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah”.

Pada acara tersebut Universitas Gadjah Mada melantik sebanyak 340 insinyur baru. Dekan Fakultas Teknik UGM, Ir. Muhammad Waziz Wildan, Ph.D., melaporkan bahwa “Pada angkatan keenam ini Fakultas Teknik menerima 297 mahasiswa Program Profesi Insinyur, dan yang dilantik pada hari ini ada sebanyak 284. Untuk Fakultas Peternakan jumlah yang diterima 58 mahasiswa, dan 56 yang dilantik,”.

Upacara pelantikan insinyur diselenggarakan di University Club UGM dengan melibatkan sejumlah perwakilan insinyur, sementara lulusan lainnya mengikuti upacara pelantikan secara daring.

Prosesi pelantikan dilakukan dengan penyerahan sertifikat profesi insinyur oleh Dekan Fakultas Teknik UGM, penyerahan helm oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PPI), serta penyerahan pin KAGAMA oleh perwakilan KAGAMA.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia, Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.Sc.(Eng.), IPU., ASEAN Eng., mengungkapkan bahwa para lulusan program profesi insinyur telah dapat secara sah menggunakan gelar insinyur sesuai amanat Undang-Undang dan dapat menjalankan praktik keinsinyuran di seluruh tanah air. Pendidikan profesi sendiri merupakan bagian dari mata rantai nilai keinsinyuran dalam peta jalan menuju profesi insinyur yang diakui di tingkat dunia. Profesi keinsinyuran, menurutnya, memegang peranan penting dalam mencari solusi bagi persoalan yang ada di tengah masyarakat, termasuk di masa pandemi Covid-19 yang menuntut adanya inovasi baru di berbagai bidang.

Ketua PII memberikan apresiasi kepada UGM karena menjadi Universitas No. 1 yang paling banyak menghasilkan jumlah lulusan Insinyur (1367 Insinyur) diantara perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., mengucapkan selamat kepada para insinyur baru. Profesi insinyur, adalah sebuah profesi yang mulia yang dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara. Selamat mengabdi untuk membangun negara, membangun kedaulatan bangsa di bidang teknologi, pangan, infrastruktur, maupun kesehatan dengan penuh integritas dan menjunjung tinggi etika dan marwah profesi insinyur Indonesia,”

Leave Your Comment Here